PENGELOLAAN PENDAFTARAN - MICE Kelas XI UPW Bab 7
Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam acara penyelengaraan MICE yaitu pengelolaan pendaftaran. Proses pendaftaran merupakan salah satu proses dalam acara MICE dan menjadi fokus penting bagi penyelengaraan MICE. Pendaftaran yang baik akan memudahkan peserta untuk melakukan registrasi pada acara MICE sehingga akan menyukseskan jalannya acara MICE.
Dengan mengelola pendaftaran
yang benar maka akan membuat penyelengaraan MICE berjalan dengan lancar. Lalu
bagaimana bentuk persiapan pendaftaran dalam penyelengaraan MICE? Pada bab ini
akan dibahas pengelolaan pendaftaran MICE.
A. Persiapan Pendaftaran
Salah satu indikator
keberhasilan dalam penyelengaraan MICE yaítu pada proses pendaftaran atau
registrasi. Sebelum masuk ke dalam pendaftaran atau registrasi, Anda sudah
menentukan form apa saja yang dibutuhkan untuk event MICE. Form tersebut harus
disesuaikan dengan tema, karakteristik, dan jenis event yang akan dilaksanakan.
Tidak hanya form apa saja
yang dibutuhkan, tetapi ketentuan dan persyaratan hingga desain grafis dari
form tersebut harus disesuaikan.
1. Memahami Pendaftaran
Pendaftaran atau yang disebut
dengan registrasi merupakan suatu hal penting untuk tamu yang akan datang dalam
penyelenggaraan MICE. Dengan melakukan pendaftaran atau registrasi, seseorang
dapat teridentifikasi keberadaan dan statusnya.
Oleh karena itu, registrasi
merupakan suatu keharusan dalam penyelengaraan acara MICE. Pendaftaran
merupakan proses penginputan data terhadap pihak-pihakyang berkepentingan di
dalamnya.
2. Penerapan Pendaftaran
Dalam penerapan di lapangan,
pendaftaran atau registrasi dapat diterapkan secara beragam. Ada yang sangat
ketat sehingga tamu benar-benar harus menungqu sampai semua administrasi
terselesaikan kemudian tamu baru dapat masuk ke dalam acara MICE. Selain itu,
ada juga yang fleksibel, asal seseorang dapat dipercaya maka administrasi tidak
lengkap sepenuhnya masih dapat diterima.
Administrasi dalam
pendaftaran atau registrasi biasanya dikaitkan dengan uang deposit. Apabila
dihubungkan dengan layanan kepada tamu, penerapan secara ketat akan menimbulkan
beberapa dampak yang kurang baik sebagai berikut:
a.
proses
registrasi atau pendaftaran menjadi lama;
b.
berpotensi
menimbulkan keluhan dari tamu;
c.
tamu
merasa dicurigai; dan
d.
bagian
pendaftran atau staf registrasi MICE dianggap tidak professional oleh tamu.
Sebagai langkah antisipasi dapat
dilakukan hal-hal berikut:
a.
membuat
program speedy registrasi, yaitu proses registrasi dilakukan secara cepat dan
tidak bertele-tele (registrasi dapat dilakukan dalam perjalanan dari mana pun);
b.
menyesuaikan
kondisi tamu, jika sangat lelah setelah perjalanan panjang dapat registrasi di
mana pun dengan menggunakan aplikasi online; serta
c.
jika
seorang tamu sudah melakukan pendaftaran acara MICE, segala formulir dan
persyaratannya sudah dipersiapkan sehingga registrasi hanya mengisi beberapa
data.
3. Hal yang Harus Diperhatikan
dalam Persiapan Pendaftaran
Apa saja yang harus dilakukan
oleh organizer dalam pendaftaran atau registrasi peserta? Pada umumnya pihak
penyelenggara acara MICE harus benar-benar memperhatikan persiapan pendaftaran.
Hal ini sangat penting mengingat pendaftaran merupakan proses awal dalam acara
MICE yang dapat memengaruhi jalannya acara MICE. Berikut ini hal-hal yang harus
diperhatikan atau dilakukan dalam persiapan pendaftaran penyelengaraan acara
MICE.
Pihak penyelenggara harus
menyusun sistem registrasi yang praktis untuk memudahkan pemantauan.
a.
Pihak
penyelenggara mengumumkan atau mempromosikan kepada semua
b.
Pihak
penyelenggara menerima pendaftaran dan menyusun file data peserta.
c.
calon
peserta dengan sistem yang sudah disepakati.
4. Hal yang Dibutuhkan dalam
Persiapan Pendaftaran
Berikut ini merupakan hal yang
dibutuhkan dalam persiapan pendaftaran.
a. Personel pendaftaran
Dalam proses registrasi atau
pendaftaran acara MICE tentu memerlukan personel-personel atau staf registrasi.
Dengan adanya personel registrasi maka kegiatan penyelengaraan MICE dapat
berjalan dengan baik. Personel registrasi ini memiliki peranan yang penting
dalam kegaitan MICE. Dalam menjalankan tugasnya, personel registrasi ini harus
memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan dalam acara MICE. Berikut
ini merupakan persyaratan-persyaratan personel registrasi:
1. Memiliki keterampilan
Personel
registrasi harus memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam proses pendataan
atau registrasi acara MICE. Keterampilan merupakan syarat pokok yang harus
dimiliki oleh personel registrasi. Dengan memiliki keterampilan dalam bidang
administrasi dan registrasi maka semua tugas dan tanggung jawabnya dapat
terlaksana dengan baik saat melakukan penginputan dan perekapan selama proses
pendaftaran acara MICE.
2. Memiliki pengetahuan
dalam bidang administrasi dan MICE.
Seorang
personel registrasi harus memiliki pengetahuan mengenai administrasi dan ruang
lingkupnya serta pengetahuan tentang acara MICE. Pengetahuan tersebut dapat
berguna dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai staf registrasi acara MICE.
Pengetahuan registrasi berfungsi meningkatkan kinerja dalam proses pendaftaran.
Syarat pengetahuan biasanya mencakup pengetahuan yang mendasari suatu profesi
tertentu.
Pengukuran
persyaratan pengetahuan saat ini dengan tingkat pendidikan formal. Apabila
telah mempunyai ijazah pendidikan terakhir yang sudah diselesaikannya, seorang
dianggap mampu mengerjakan suatu pekerjaan dan diterima sebagai staf
pendaftaran atau registrasi acara MICE.
Selain
ijazah, harus memiiki sertifikat-sertifikat yang berkaitan dengan acara MICE
sehingga personel tersebut memiliki pengetahuan yang luas dalam acara MICE.
3. Memiliki kepribadian
yang baik
Seorang
personel registrasi, selain memiliki ketrampilan dan pengetahuan juga harus
memiliki kepribadian yang baik. Kepribadian yang baik merupakan watak dari
seseorang sehingga dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya dilaksanakan
secara sungguh-sungguh, jujur, dan disiplin.
Setiap
orang akan memiliki kepribadian yang berbeda-beda bergantung pada sifat dan
watak orang tersebut. Hal ini karena setiap orang memiliki ciri khas
masing-masing. Beberapa syarat kepribadian yang diperlukan oleh seorang staf
registrasi sebagai berikut:
ü
Dapat
menyimpan rahasia
Dalam
hal ini, staf registrasi yang baik dan bertanggung jawab adalah personel yang
dapat menjaga dan menyimpan rahasia suatu perusahaan tempat ia bernaung.
ü
Tekun
dan rajin
Dalam
hal ini, berarti setiap melaksanakan pekerjaannya selalu dikerjakan dengan
sungguh-sungguh, cermat, dan teliti.
ü
Kesabaran
Dalam
hal ini berarti teliti, tidak cepat putus asa, dan ulet dalam melaksanakan
setiap pekerjaan yang diberikan kepadanya.
ü
Kerapian
Artinya,
setiap pekerjaan dilakukan dengan baik, tertata rapi, dan tidak berantakan.
ü
Loyalitas
Dalam
hal ini, adanya kesetiaan terhadap perusahaan dan pekerjaannya sehingga akan
tercipta rasa memiliki, saling menjaga, dan membela nama baik perusahaan.
b.
Dokumen
Dokumen merupakan salah satu
jenis komponen yang harus diperhatikan dalam persiapan pendaftaran acara MICE.
1.
Memahami
dokumen
Dokumen
merupakan sumber tertulis yang dapat dijadikan bukti dalam suatu kegiatan
kantor maupun kegiatan lainnya.
2.
Jenis-jenis
dokumen
Berikut
ini merupakan jenis-jenis dokumen.
ü
Jenis dokumen dari segi pemakaiannya
Jenis
dokumen dari segi pemakaiannya diuraikan sebagai berikut.
a)
Dokumen
pribadi
Dokumen
pribadi, yaitu surat-surat penting yang kegunaannya untuk kepentingan pribadi.
Contoh: surat nikah, akte kelahiran, ijazah, KTP, dan sebagainya.
b)
Dokumen
niaga
Dokumen
niaga, yaitu surat-surat berharga yang kegunaannya untuk bukti dalam melakukan
transaksi jual beli. Contoh: faktur, surat pengantar, packing list, wesel, dan
sebagainya.
c)
Dokumen
pemerintah
Dokumen
pemerintah, yaitu surat penting yang digunakan sebagai bahan bukti dalam
kegiatan pemerintahan. Contoh: RAPBN, Undang-Undang, Peraturan Daerah, Kepres,
dan sebagainya.
d)
Dokumen
sejarah
Dokumen
sejarah, yaitu surat-surat atau catatan penting sebagai alat pembuktian
peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Contoh: Teks Proklamasi, Sumpah
Pemuda, Pancasila, dan sebagainya
ü
Jenis dokumen dari segi fungsinya
Berikut
jenis dokumen dari segi fungsinya.
a)
Dokumen
dinamis, yaitu dokumen yang dipergunakan secara langsung dalam proses kerja kantor.
Dokumen dinamis dibagi menjadi tiga jenis.
b)
Dokumen
dinamis aktif yaitu dokumen yang dipakai secara terus-menerus dalam proses
penyelenggaraan kerja kantor
c)
Dokumen
semi-aktif yaitu dokumen yang penggunaannya sudah menurun dari sebelumnya.
d)
Dokumen
inaktif, yaitu dokumen yang sudah jarang sekali digunakan.
e)
Dokumen
statis, yaitu dokumen yang tidak secara langsung digunakan dalam proses
pekerjaan kantor.
ü
Jenis-jenis dokumen dari segi ruang lingkupnya
Berikut
jenis-jenis dokumen dari segi ruang lingkupnya.
a)
Dokumen
corporal yaitu dokumen yang dipakai secara terus- menerus dalam proses
penyelenggaraan pekerjaan kantor.
b)
Dokumen
riteral, yaitu dokumen yang ditulis, direkam, dicetak, dan digambarkan.
c)
Dokumen
privat, yaitu dokumen yang berupa surat-surat atau arsip yang bersifat personal
atau rahasia.
3.
Dokumen yang
dipersiapkan dalam pendaftaran acara MICE
Berikut
ini merupakan macam-macam dokumen yang dipersiapkan dalam pendaftaran acara
MICE.
a.
Formulir
pendaftaran
Formulir
pendaftaran merupakan jenis dokumen yang memiliki ruang untuk diisi dalam
proses pendaftaran atau registrasi untuk kebutuhan pendataan peserta acara
MICE. Saat ini formulir pendaftararn yang digunakan untuk acara MICE terdiri
atas dua macam, yaitu formulir dengan menggunakan kertas atau manual dan
formulir elektronik.
Dengan
meluasnya pemakaian komputer untuk menjalankan bisnis MICE terutama dalam
proses pendafataran atau registrasi maka pemakaian formulir elektronik
(electronic form) menjadi umum dan meluas dalam suatu acara MICE. Formulir
elektronik merupakan ruang yang ditayangkan dalam layar komputer yang digunakan
untuk menangkap data yang akan diolah dalam pengolahan data elektronik.
Kelebihan
menggunakan formulir pendafataran elektronik antara lain sebagai berikut:
1.
Tidak pernah
kehabisan formulir
Jika
pihak penyelenggara MICE menggunakan formulir kertas, kegiatan pendaftaran atau
registrasi peserta akan berhenti saat penyelenggara kehabisan formulir.
2. Tidak pernah ketinggalan zaman
Jika
kebutuhan dan peraturan berubah, dengan cepat formulir kertas menjadi
ketinggalan zaman. Formulir elektronik mudah disesuaikan dengan perubahan dan
peraturan. Investasi untuk pencetakan dan penyimpanan tidak diperlukan lagi
dalam pembuatan formulir pendaftaran secara elektronik.
3. Ketidakefisienan formulir dapat dihindari.
Penggunaan
formulir kertas sering kali memaksa pengguna formulir yang sudah tidak lagi
memenuhi kebutuhan pemakai karena untuk perancangan dan percetakan diperlukan
biaya.
Formulir
pendafataran secara elektronik mudah untuk segera disesuaikan isi dan format
formulir untuk memenuhi kebutuhan penyelengara MICE dengan tepat.
4. Tidak dimungkinkan penggunaan formulir yang salah.
Penggunaan
formulir kertas membuka peluang untuk hal yang salah atau penggunaan formulir
oleh orang yang tidak berhak. Dengan formulir elektronik, pengendalian formulir
dapat dilakukan dengan penentuan pemakai formulir tertentu hanya terbatas pada
orang yang memiliki password (kata
sandi). Orang yang menggunakannya harus mengisi password. Jika formulir
elektronik direvisi, orang tidak akan salah menggunakan formulir karena
formulir tersebut tidak lagi tersedia dalam file computer.
5. Kecepatan pengisian formulir
Kecepatan
pengisian formulir pendaftaran secara elektronik tidak diragukan lagi. Kursor
akan berhenti di setiap ruang kosong yang harus diisi data dan membimbing
pengisi ke dalam urutan pengisian formulir secara logis. Formulir pendaftaran
secara elektronik dapat melakukan penghitungan (penambahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian) dan mencatumkan secara otomatis hasil perhitungan
pada ruang tertentu dalam formulir.
6. Penangkapan data dilakukan sekali.
Dengan
menggunakan formulir pendaftaran acara MICE dengan kertas, data direkam dalam
formulir dan kemudian orang lain harus membaca data dari formulir untuk
keperluan pemasukan data ke dalam sistem informasi. Dengan menggunakan formulir
pendaftaran secara elektronik, duplikasi (penggandaan) penangkapan dan
pemasukan data ke dalam sistem informasi tidak akan terjadi.
7. Tidak ada data yang mengambang.
Dengan
formulir pendaftaran MICE secara elektronik, data dimasukkan dan dikirimkan
dari satu tempat ke tempat lain secara elektronik sehingga tidak ada data yang
mengambang.
Dengan
formulir kertas, data akan mengambang sesuai dengan lama waktu yang diperlukan
untuk mentransfer formulir kertas dari satu tempat ke tempat lain.
8. Kemudahan dalam pengelolaan formulir.
Jika
pihak penyelenggara MICE menggunakan ribuan macam formulir, pengelolaan
formulir menjadi suatu pekerjaan yang besar dan kompleks. Dengan penggunaan
formulir elektronik maka perancangan, pengelolaan, dan pengisian setiap
formulir dapat dilakukan melalui sistem yang terintegrasi.
Sistem
komputer dapat menyimpan dan menyediakan data beberapa kali suatu formulir
telah digunakan, bagaimana bentuk formulir setelah revisi yang terakhir, dan
berapa lama suatu formulir telah digunakan sejak revisi terakhir. Data tersebut
sangat bermanfaat untuk mengelola formulir yang banyak macamnya di dalam
perusahaan penyelenggara MICE.
b.
Buku tamu
Buku
tamu digunakan untuk mendata tamu-tamu yang hadir dalam acara MICE. Tamu-tamu
tersebut antara lain tamu VIP, kepala daerah, dan tamu-tamu penting lainnya.
c.
Peralatan
pendokumentasian bukti pendaftaran
Dalam
mendokumentasikan bukti-bukti pendaftaran acara MICE memerlukan
peralatan-peralatan. Berikut ini macam-macam peralatan yang dibutuhkan untuk
mendokumentasikan bukti-bukti pengeluaran anggaran.
1.
Komputer
Apabila
proses registrasi atau pendaftaran acara MICE dilakukan secara elektronik,
peralatan yang dibutuhkan untuk pendokumentasian adalah dengan menggunakan
komputer. Komputer merupakan rangkaian peralatan elektronik yang dapat
melakukan pekerjaan secara sistematis, berdasarkan instruksi atau program yang
diberikan, serta dapat menyimpan dan menampilkan keterangan saat diperlukan.
2.
Ordner
Ordner
pada umumnya digunakan untuk jenis pendaftaran yang dilakukan secara manual. Ordner adalah peralatan yang berfungsi
sebagai tempat penyimpanan arsip-arsip pendaftaran. Pada ordner terdapat besi kecil yang berfungsi sebagai pengait arsip
sehingga tidak mudah terlepas. Arsip yang akan disimpan di dalam ordner
terlebih dahulu dilubangi dengan menggunakan perforator.
Ordner terbuat dari karton yang sangat tebal
sehingga cukup kuat, jika diletakkan secara lateral pada lemari arsip atau rak
arsip. Ordner dapat memuat kurang
lebih 500 lembar arsip/surat. Untuk mempermudah penghitungan kebutuhan
peralatan arsip, terutama saat Anda menggunakan peralatan untuk menyimpan dan
menemukan kembali arsip dengan ordner
atau sejenisnya maka perlu diketahui beberapa istilah berikut ini.
a)
Dead space, yaitu bagian yang tidak
dapat digunakan untuk menyimpan media informasi.
b)
Expansion space, yaitu bagian yang digunakan
untuk menampung arsip dan tambahannya dari waktu ke waktu.
c)
Pape thickness, yaitu tebal media informasi.
d)
File thickness, yaitu tebal keseluruhan dari
media informasi dengan holder secara keseluruhan.
e)
Access room, yaitu jarak antara file satu
dengan file yang lainnya untuk mempermudah penyimpanan dan pengambilan file.
3.
Perforator
Peforator
adalah peralatan yang berfungsi melubangi kertas atau kartu. Perforator terbuat
dari logam sehingga dapat dengan mudah melubangi bahan-bahan kertas dan kartu.
Perforator digunakan dengan menggunakan tenaga manusia. Cara kerja dan
komponennya menggunakan tenaga mekanis. Menurut fungsinya ada tiga macam jenis
perforator.
a)
Perforator
dengan satu lubang digunakan untuk membuat lubang kartu maupun kertas, papan
nama, kartu perpustakaan, plastik, dan sebagainya.
b)
Perforator
dengan dua lubang digunakan untuk melubangi kertas yang akan disimpan ke dalam
ordner.
c)
Perforator
dengan lima lubang digunakan untuk melubangi kertas yang akan dimasukkan ke
dalam ordner.
4. Stapler
Stapler
adalah peralatan yang digunakan untuk menyatukan beberapa kertas. Cara kerja
yang digunakan yaitu dengan memasukkan staples yang terlibat di bagian bawah
kertas apabila panjang kedua ujungnya melebihi tebal kertas.
5. Guide
Guide
adalah peralatan yang digunakan untuk menuliskan kode-kode, tanda-tanda maupun
indeks arsip. Berikut ini contoh guide.
Guide
terdiri atas dua bagian.
a)
Tab
guide, yaitu bagian yang menonjol untuk menuliskan kode-kode, tanda-tanda, atau
indeks (pengelompokan) arsip.
b)
Badan
guide, berfungsi menopang arsip-arsip yang ada di belakangnya.
Guide
ditempatkan di depan folder jika penyimpanan arsip menggunakan filing cabinet
atau dapat juga di depan arsip jika penyimpanan menggunakan ordner atau map snelcter.
Guide
dapat dibuat dengan berbagai ukuran disesuaikan dengan bentuk arsip. Jika arsip
berupa surat-surat dengan menggunakan kertas ukuran folio atau A4, badan guide
dibuat sesuai ukuran arsip yang disimpan. Namun jika arsip ukurannya kecil maka
guide juga kecil.
6. Filling cabinet
Filling cabinet adalah peralatan yang
digunakan untuk menyimpan arsip- arsip atau dokumen-dokumen pada perusahaan.
Filling cabinet dalam penggunaannya diberi nomor maupun kode agar memudahkan
dalam pencariannya atau menemukan kembali dokumen-dokumen lampau vang
dibutuhkan.
Dalam
laci filling cabinet dilengkapi
dengan sepasang gawang yang dipasang pada kiri dan kanan bagian atas memanjang
ke belakang sepanjang laci. Gawang tersebut digunakan untukmenyangkutkan
hanging folder. Filing cabinet dapat terbuat dari plastik atau logam karena
lebih kuat. Penggunaan filling cabinet dilengkapi dengan bagian-bagian berikut
ini:
a)
Tab
Tab
adalah bagian menonjol di sebelah atas guide atau map berukuran kira-kira
mempunyai lebar 1,15 cm dan panjang 10 cm. Letak tab tersebut bermacam-macam
dari ujung kiri petunjuk (guide) sampai ke kanan. Fungsi tab tersebut adalah
mencantumkan pokok masalah, kode, dan tanda-tanda petunjuk lainnya.
b) Sekat atau guide
Sekat
atau guide merupakan petunjuk dan pemisah antara kelompok masalah yang satu
dengan kelompok masalah yang lain sesuai dengan pengelompokan masalah pada
klasifikasi arsip. Ciri sekat atau guide antara lain:
·
dibuat
dari karton tebal (supaya dapat tegak); dan
·
memiliki
bagian yang menonjol yang dinamakan tab.
Contoh
pembuatan/penggunaan sekat sebagai berikut.
·
Sekat
pertama dengan tab pada ujung paling kiri digunakan untuk menyekat kelompok
primer (pokok masalah).
·
Sekat
kedua dengan tab pada kedudukan lebih ke kanan atau di tengah digunakan untuk
menyekat antara kelompok sekunder (submasalah).
·
Sekat
ketiga digunakan untuk menyekat antara kelompok tersier (sub-sub masalah).
7. Map arsip
Map
arsip adalah lipatan yang terbuat dari karton/kertas tebal atau plastik yang
digunakan untuk menyimpan dokumen atau arsip/surat-surat. Arsip yang disimpan
tidak terlalu banyak, berkisar 1-50 lembar. Sebaiknya, arsip jangan disimpan
terlalu banyak sehingga map sulit ditutup. Berikut ini beberapa macam map
arsip.
a)
Stopmap folio, yaitu map yang terdapat daun
penutup pada setiap sisinya. Daun penutup ini berfungsi menopang surat yang ada
di dalamnya agar tidak jatuh. Pada umumnya, stopmap folio digunakan untuk
menyimpan arsip yang sudah inaktif, dalam hal ini map yang berisi kumpulan
arsip ini akan dibendel atau diikat dengan menggunakan tali.
b)
Map snelhecter, yaitu map yang mempunyai
penjepit di tengah map. Map ini tidak mempunyai daun penutup. Untuk menopang
arsip/surat yang ada di dalamnya digunakan penjepit. Arsip yang disimpan pada
umunya yang bersifat inaktif, tetapi juga untuk menyimpan arsip aktif. Arsip
yang ditempatkan di dalamnya terlebih dahulu harus dilubangi dengan menggunakan
perforator.
c)
Folder, yaitu map tanpa dilengkapi
dengan daun penutup. Map ini berupa lipatan kertas tebal/plastik saja. Karena
tidak ada daun penutupnya maka map ini berfungsi menyimpan arsip yang
selanjutnya akan dimasukkan ke dalam kotak arsip secara vertikal. Map ini
mempunyai tab (bagian yang menonjol pada posisi atas) untuk menuliskan
judul/label tentang arsip yang ada di dalam folder tersebut.
d)
Hanging folder, yaitu folder yang mempunyai
besi penggantung. Besi penggantung ini dipasang pada gawang yang ada di filling
cabinet. Hanging folder juga mempunyai tab untuk menuliskan kode atau indeks
arsip yang ada di dalamnya.
8. Numerator.
Numerator
merupakan alat yang digunakan untuk membubuhkan nomor pada lembaran dokumen.
d. Peralatan pendaftaran
secara online.
Saat
pendaftaran acara MICE dilakukan secara online maupun elektronik maka peralatan
yang harus dipersiapkan antara lain sebagai berikut
1. Komputer
Komputer
adalah rangkaian peralatan elektronik yang dapat melakukan pekeriaan secara
sistematus Derddsarkan instruksi atau program yang diberikan sehingga dapat
menyimpan serta menampilkan keterangan saa diperlukan. Komputer digunakan untuk
menginput data pendaftaran dan memeriksa proses pendaftaran.
2. Peralatan penghubung internet
Agar
terhubung ke dalam internet maka komputer tersebut harus memiliki
komponen-komponen penghubung ke internet seperti hub, modem, dan sebagainya.
B. Penataan Tempat Pendaftaran
Salah satu faktor yang
memengaruhi proses pendaftaran atau registrasi yaitu penataan tempat
pendaftaran. Proses pendaftaran akan berhasil apabila penataan tempat
pendaftaran tersebut strategis dan memudahkan dalam mobilisasi. Pada umumnya,
penataan tempat pendaftaran harus ditata sedemikian rupa sehingga memudahkan
proses registrasi atau pendaftaran peserta MICE. Penataan tempat pendaftaran
yang baik dapat mengefektifkan kinerja dalam proses registrasi. Penataan
pendaftaran ini pada dasarnya berkaitan dengan tata ruang.
1. Memahami Penataan
Penataan pendaftaran adalah
teknik penataan yang disusun sedemikian rupa dengan tujuan untuk memudahkan
dalam melakukan komunikasi, mempermudah koordinasi dan pengawasan, serta
meningkatkan efisiensi kerja pada umumnya.
2. Keuntungan Melakukan
Penataan Tempat Pendaftaran.
Keuntungan dalam melakukan penataan
ruang pendaftaran yang baik meliputi:
a.
menjamin
kelancaran proses registrasi atau pendaftaran acara MICE;
b.
memungkinkan
pemakaian ruangan secara efisien;
c.
pengawasan
mudah dilaksanakan;
d.
terciptanya
suasana kerja yang menyenangkan;
e.
mencegah
penghamburan tenaga dan waktu para pegawai;
f.
mencegah
para pegawai bagian lain terganggu oleh publik yang akan menemui satu bagian
lain;
g.
merecanakan
tempat pendaftaran dengan baik akan memberikan efisiensi saat melakukan pekerjaan;
dan
h.
penghematan
penggunaan ruang lantai yang tepat.
3. Hal yang Harus Diperhatikan
dalam Penataan Tempat Pendaftaran.
Dalam penataan tempat pendaftaran banyak
hal yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut:
a.
Hal yang
berkaitan dengan kenyamanan ruangan pendaftaran.
Kenyamanan
tempat pendaftaran akan membuat staf registrasi dapat menjalankan tugasnya
dengan baik. Selain itu, peserta yang akan mendaftar juga merasa nyaman dalam
melakukan proses pendaftaran acara MICE.
b.
Tata letak atau
penempatan personal yang menangani jenis/bidang pekerjaan pendaftaran.
Tata
letak atau penempatan personel registrasi sangat berpengaruh terhadap proses
registrasi. Dengan tata letak yang baik, proses registrasi menjadi tidak
terganggu dan personel registrasi dapat menjalankan tugasnya dengan baik.
c.
Penerangan atau
pencahayaan yang baik.
Penerangan
atau pencahayaan merupakan syarat wajib yang harus diperhatikan dalam penataan
tempat pendaftaran. Pencahayaan yang baik akan membuat proses pendaftaran
peserta MICE menjadi lebih cepat dan efektif. Namun apabila pencahayaan di
tempat pendaftaran kurang baik maka akan dapat menghambat proses pendaftaran
peserta MICE.
4. Hal-Hal yang Harus Ada
dalam Tempat Pendaftaran.
Dalam tempat pendaftaran harus terdapat
beberapa peralatan yang berfungsi menunjang berjalannya proses pendaftaran
acara MICE. Berikut ini hal-hal yang harus ada dalam tempat pendaftaran acara
MICE.
a.
Meja
Meja
merupakan komponen penting dalam tempat pendaftaran. Meja ini befungsi sebagai
tempat untuk meletakkan dokumen maupun penaatan pendaftaran lainnya.
b.
Peralatan
pendukung
Peralatan
pendukung, yaitu formulir pendaftaran apabila dilakukan secara manual, alat tulis,
komputer (apabila dilakukan pendaftaran secara elektronik), tempat duduk, dan
sebagainya.
RANGKUMAN
Pendaftaran
adalah proses penginputan data terhadap pihak-pihak yang akan berkepentingan di
dalamnya. Pendaftaran atau regristrasi dapat diterapkan secara beragam. Ada
yang sangat ketat sehingga tamu harus menunggu sampai semua administrasi
terselesaikan kemudian tamu dapat masuk ke dalam acara MICE. Selain itu ada
juga yang fleksibel, asal seseorang dapat dipercaya maka saat administrasi
tidak lengkap sepenuhnya masih dapat diterima.
Terdapat
hal yang harus diperhatikan dalam persiapan pendaftaran penyelengaraan acara
MICE, antara lain pihak penyelenggara harus menyusun sistem registrasi yang
praktis untuk memudahkan pemantauan, mengumumkan atau mempromosikan kepada
semua calon peserta dengan sistem yang sudah disepakati, menerima pendaftaran,
serta menyusun file data peserta.
Dalam
menjalankan tugasnya, personel registrasi harus memenuhi persyaratan dan
kualifikasi yang dibutuhkan dalam acara MICE antara lain pengetahuan,
keterampilan, dàn berkepribadian baik.
Dokumen
merupakan salah satu jenis komponen yang harus diperhatikan dalam persiapan
pendaftaran acara MICE. Dokumen adalah sumber tertulis yang dapat dijadikan
bukti dalam suatu kegiatan kantor maupun kegiatan lainnya.
Formulir
pendaftaran merupakan jenis dokumen yang memiliki ruang untuk diisi dalam
peorses pendaftaraan atau registrasi untuk kebutuhan pendataan peserta acara
MICE.
Komputer
merupakan rangkaian peralatan elektronik yang dapat melakukan pekerjaan secara
sistematis berdasarkan instruksi atau program yang diberikan sehingga dapat
menyimpan dan menampilkan keterangan saat diperlukan.
Ordner
pada umumnya digunakan untuk jenis pendaftaran yang diakukan secara manual.
Ordner adalah peralatan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan arsip-arsip
pendaftaran.
Pada
umumnya, penataan tempat pendaftaran harus ditata sedemikian rupa sehingga
dapat memudahkan dalam melakukan proses registrasi atau pendaftaran peserta
MICE.
Penataan
pendaftaran adalah teknik penataan yang disusun sedemikian rupa dengan tujuan
memudahkan dalam melakukan komunikasi, mempermudah koordinasi dan pengawasan,
serta meningkatkan efisiensi kerja pada umumnya.
Comments
Post a Comment