PUBLIKASI - PENGELOLAAN MICE KELAS XII BAB 10

 A. PENGERTIAN PUBLIKASI

Publikasi yaitu penyampaian atau penyebarluasan suatu informasi kepada masyarakat umum yang bertujuan agar informasi tersebut dapat tersampaikan pada orang yang dituju. Pada pelaksanaan pameran publik peran publikasi yaitu untuk mempublikasikan mengenai informasi yang berkenaan dengan penyelenggaraan pameran itu sendiri agar masyarakat dapat datang ke pameran tersebut. Publikasi dapat dilakukan dengan melalui pembuatan iklan baik media cetak atau elektronik, pemasangan spanduk, poster, postingan di media sosial, dan sebagainya.

Publikasi merupakan kegiatan yang menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan suatu acara atau kegiatan agar dapat diinformasıkan baik untuk dilihat maupun didengar bagi masyarakat umum, baik menggunakan sarana dan prasarana dan media cetak atau media sosial. Sedangkan publisitas yaitu suatu usaha dalam menyebarkan informasi mengenai produk atau pengenalan perusahaan yang disampaikan ke publik dengan cara menyajikan berita secara komersial.

 

B. MACAM-MACAM PUBLIKASI

1. Korespondensi

Korespondensi secara sederhana merupakan kegiatan saling bertukar pikiran dan tukar pesan melalui surat sebagai sarana utamanya. Korespondensi sendiri berasal dari Bahasa nggris "correspondence" yang berarti surat-menyurat. Sedangkan orang yang melakukan korespondensi disebut sebagai koresponden. Biasanya korespondensi ini terjadi antar instansi ataupun antar organisasi dengan surat sebagai sarana untuk komunikasi. Akitivitas dalam korespondensi pameran ataupun pelaksanaan MICE yaitu penulisan, pengiriman surat dan penerimaan surat balasan. Penguasaan pengetahuan korespondensi ini berupa tiga bagian, yaitu:

a.    Pemahaman Bahasa Surat-Menyurat

Pemahaman mengenai bahasa surat meliputi beragam hal kebahasaan terutama yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan

b.    Pemahaman Tata Cara Penulisan Surat

Dalam pengetahuan dan tata cara penulisan surat yang harus dikuasai yaitu bentuk dan jenis surat, bagian-bagian surat, tahap-tahap penulisan surat, dan penulisannya.

c.    Pemahaman Mengenai Pengiriman

Hal ini meliputi beberapa hal yang berkaitan dengan pengiriman, penanganan hingga penerimaan surat.

2. Laporan Tertulis

a.    Laporan Penelitian

Laporan penelitian antara lain:

1.    Skripsi: sebuah karya tulis ilmiah sebagai laporan hasil penelitian untuk menempuh pendidikan strata 1.

2.    Tesis: laporan penelitian untuk mahasiswa/i pascasarjana.

3.    Disertasi: laporan penelitian untuk program Doktoral/S3.

b.    Jurnal

Jumal merupakan tulisan berupa berita informasi yang diulas secara faktual dan aktual, Jenis jurnal, yaitu:

1.    Jumal Nasional: publikasi karya ilmiah dalam bentuk jurnal yang diterbitkan secara nasional.

2.    Jurnal Internasional: Jurnal yang diterbitkan dengan skala internasional.

c.    Artikel

Jenis artikel, yaitu:

1.    Majalah

2.    Surat kabar/koran

3.    Media daring/sosial media.

3. Pertemuan Ilmiah

a.    Seminar

Merupakan pertemuan ilmiah dengan fokus dan tema yang sudah ditentukan. Ciri-ciri seminar yang baik dan efektif memuat beberapa hal yaitu berikut ini:

1.    Durasi seminar yang mencukupi,

2.    Tema/topik seminar yang jelas.

3.    Perlu penyelesaian terhadap tema yang diangkat.

4.    Moderator atraktif.

b.    Pidato

c.    Konferensi

d.    Symposium

 

C. PERAN PUBLIKASI EVENT DALAM MICE

Berikut ini merupakan fungsi dari publikasi acara/event dalam MICE:

1.    Memperkenalkan gagasan atau ide dari suatu tema.

2.    Memberikan dan melengkapi informasi.

4.    Menambah pengetahuan.

5.    Menyampaikan opini.

6.    Citra diri (Personal Branding).

7.    Citra produk (Product Branding).

8.    Sumber jaringan promosi.

9.    Menaikkan reputasi.

 

D. TEKNIK PUBLIKASI PROMOSI EVENT

Berikut ini ada beberapa promosi event:

1.    Promosi dengan Komunitas

Promosi yang dilakukan untuk mengajar pasar dari komunitas atau kumpulan orang yang mempunyai ketertarikan di bidang tertentu. Jika temanya sesuai dengan komunitas yang diajak maka kemungkinan besar akan mendapatkan dukungan yang baik.

2.    Promosi dari Teman ke Teman

Pertemanan merupakan media yang paling mudah untuk promosi baik itu teman bermain maupun teman kantor. Pertemanan ini secara psikologis akan memberikan kepercayaan yang berbeda dan memberikan pengaruh yaitu kemantapan jiwa untuk ikut bergabung di dalamnya.

3.    Publikasi Cetak

Publikasi cetak ini berupa poster, banner, katalog, flyer, baliho, dan lain sebagainya. Publikasi cetak ini lebih banyak mengeluarkan biaya untuk membuatnya. Sedangkan untuk publikasi cetak ini hendaknya menggunakan bahasa yang marketable dan persuasif dengan tulisan dan makna yang lain dari pada yang lain sehingga akan mengalihkan focus dan pandangan pada media cetak yang telah dibuat.

4.    Promosi Online melalui Media Sosial

Cara ini dianggap cara yang paling ekonomis dan mudah untuk digunakan sebagai media promosi. Media sosial lebih luas jangkauan dan kecepatannya asalkan ada jaringan internet. Media sosial yang sering digunakan yaitu website, blog, Instagranm, Facebook, Whatsapp, Line, dan lain sebagainya.

5.    Promosi melalui Media Iklan

Publikasi ini lebih mahal dan berdampak pada komunitas masyarakat, hal ini karena publikasi yang dilakukan melalui radio, televisi dan koran. Sehingga berbayar dan sesuai dengan provider yang digunakan.

 

E. PUBLIKASI DAN PROMOSI MELALUI MICE.

Berikut ini merupakan keuntungan dari promosi di acara MICE:

1.    Menyampaikan suatu pesan ke sasaran pasar segmentasi pasar yang dituju.

2.    Publikasi maupun promosi berfungsi sebagai usaha untuk memberikan dan membangun citra atau image dari suatu produk.

3.    Promosi akan meningkatkan ketertarikan konsumen akan suatu produk yang dipromosikan dalam pameran.

4.    Menjadi sarana untuk mengomunikasikan strategi jualan yang sedang atau akan dilakukan.

5.    Membangun reputasi perusahaan atau corporate branding.

 

F. MANFAAT MENGIKUTI PAMERAN

Berikut ini terdapat beberapa manfaat yang bisa pelaku usaha dapatkan jika menggelar pameran, yaitu:

1.    Sarana Pengenalan Produk Baru secara Efektif.

Dengan berpartisipasi pada acara pameran sangat membantu secara efektif bagi usaha kecil yang baru berkembang. Karena biasanya banvak pengunjung yang datang ke acara pameran sehingga dalam melakukan promosi akan lebih mudah dan bisa memperkenalkan produk dengan skala besar tergantung dengan jenis pameran yang diikuti.

2.    Memperkuat Company Image

Apabila sebuah organisasi atau perusahaan mengikuti kegiatan pameran secara rutin maka hal tersebut akan membuat citra perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat. Jadi, bisa disimpulkan bahwa dengan berpartisipasi di acara pameran bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan secara komersial namun juga untuk membangun citra perusahaan di mata publik.

3.    Mendapatkan Info Pesaing Bisnis.

Dengan mengikuti acara pameran juga akan mengetahui kemajuan para pesaing di bidang yang sama. Hal ini merupakan hal penting untuk dilakukan agar terus bersaing dan tidak ditinggalkan oleh pelanggan.

4.    Observasi Tren Pasar

Pada penyelenggaraan pameran pengusaha bisa memperoleh informasi terkini mengenai tren pasar yang diminati oleh masyarakat luas. Hal itu dilakukan dengan cara mengamati minat pengunjung saat di pameran sehingga pengusaha bisa menyusun strategi bisnis di masa yang akan datang sesuai dengan minat pembelian masyarakat.

5.    Evaluasi Tim Kerja

Dengan mengikuti pameran pihak perusahaan juga bisa melihat dan menilai sumber daya manusia yang dimiliki. Terutama pada kemampuan menawarkan produk, promosi hingga mencapai kesepakatan dengan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Selain melihat kemampuan perorangan, perusahaan juga dapat mengetahui kerja sama tim selama pameran diselenggarakan.

 

Rangkuman

Publikasi yaitu penyampaian atau penyebarluasan suatu infomasi kepada masyarakat umum yang bertajuan agar infomasi tesebut dapat tersampaikan pada orang yang dituju.

Macam-macam publikasi yaitu korespondensi, laporan tertulis, dan pertemuan ilmiah.

Peran promosi dan publikasi pameran dalam MICE yaitu memperkenalkan gagasan atau ide dari suatu tema, memberikan dan melengkapi informasi, menambah pengetahuan, menyampaikan opini, citra diri, citra produk, sumber jaringan promosi, dan menaikkan reputasi.

Teknik publikasi promosi event antara lain promosi dengan komunitas, promosi dari teman ke teman, publikasi cetak, promosi online melalui media sosial, dan promosi melalui media iklan.

 

Comments

Popular posts from this blog

KLASIFIKASI TAMU DALAM MICE - Kelas XI UPW Bab 5

Sumber Daya Untuk Pemasangan/Pembongkaran Pameran - Kelas XII UPW Bab 6

GANGGUAN KESEHATAN AKIBAT KERJA - SHKK Kelas X Bab 9