PUBLIKASI - PENGELOLAAN MICE KELAS XII BAB 10
A. PENGERTIAN PUBLIKASI
Publikasi yaitu
penyampaian atau penyebarluasan suatu informasi kepada masyarakat umum yang
bertujuan agar informasi tersebut dapat tersampaikan pada orang yang dituju.
Pada pelaksanaan pameran publik peran publikasi yaitu untuk mempublikasikan
mengenai informasi yang berkenaan dengan penyelenggaraan pameran itu sendiri
agar masyarakat dapat datang ke pameran tersebut. Publikasi dapat dilakukan
dengan melalui pembuatan iklan baik media cetak atau elektronik, pemasangan
spanduk, poster, postingan di media sosial, dan sebagainya.
Publikasi merupakan
kegiatan yang menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan suatu acara atau
kegiatan agar dapat diinformasıkan baik untuk dilihat maupun didengar bagi
masyarakat umum, baik menggunakan sarana dan prasarana dan media cetak atau
media sosial. Sedangkan publisitas yaitu suatu usaha dalam menyebarkan
informasi mengenai produk atau pengenalan perusahaan yang disampaikan ke publik
dengan cara menyajikan berita secara komersial.
B.
MACAM-MACAM PUBLIKASI
1.
Korespondensi
Korespondensi secara
sederhana merupakan kegiatan saling bertukar pikiran dan tukar pesan melalui
surat sebagai sarana utamanya. Korespondensi sendiri berasal dari Bahasa nggris
"correspondence" yang
berarti surat-menyurat. Sedangkan orang yang melakukan korespondensi disebut
sebagai koresponden. Biasanya korespondensi ini terjadi antar instansi ataupun
antar organisasi dengan surat sebagai sarana untuk komunikasi. Akitivitas dalam
korespondensi pameran ataupun pelaksanaan MICE yaitu penulisan, pengiriman
surat dan penerimaan surat balasan. Penguasaan pengetahuan korespondensi ini
berupa tiga bagian, yaitu:
a. Pemahaman
Bahasa Surat-Menyurat
Pemahaman mengenai bahasa surat meliputi beragam hal
kebahasaan terutama yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan
b. Pemahaman
Tata Cara Penulisan Surat
Dalam pengetahuan dan tata cara penulisan surat yang
harus dikuasai yaitu bentuk dan jenis surat, bagian-bagian surat, tahap-tahap
penulisan surat, dan penulisannya.
c. Pemahaman
Mengenai Pengiriman
Hal ini meliputi beberapa hal yang berkaitan dengan
pengiriman, penanganan hingga penerimaan surat.
2.
Laporan Tertulis
a. Laporan
Penelitian
Laporan penelitian antara lain:
1.
Skripsi: sebuah karya tulis ilmiah sebagai
laporan hasil penelitian untuk menempuh pendidikan strata 1.
2.
Tesis: laporan penelitian untuk mahasiswa/i
pascasarjana.
3.
Disertasi: laporan penelitian untuk program
Doktoral/S3.
b. Jurnal
Jumal merupakan tulisan berupa berita informasi yang
diulas secara faktual dan aktual, Jenis jurnal, yaitu:
1.
Jumal Nasional: publikasi karya ilmiah dalam
bentuk jurnal yang diterbitkan secara nasional.
2.
Jurnal Internasional: Jurnal yang diterbitkan
dengan skala internasional.
c. Artikel
Jenis artikel, yaitu:
1.
Majalah
2.
Surat kabar/koran
3.
Media daring/sosial media.
3.
Pertemuan Ilmiah
a. Seminar
Merupakan pertemuan ilmiah dengan fokus dan tema yang
sudah ditentukan. Ciri-ciri seminar yang baik dan efektif memuat beberapa hal yaitu
berikut ini:
1.
Durasi seminar yang mencukupi,
2.
Tema/topik seminar yang jelas.
3.
Perlu penyelesaian terhadap tema yang
diangkat.
4.
Moderator atraktif.
b. Pidato
c. Konferensi
d. Symposium
C.
PERAN PUBLIKASI EVENT DALAM MICE
Berikut ini merupakan
fungsi dari publikasi acara/event dalam MICE:
1.
Memperkenalkan gagasan atau ide dari suatu
tema.
2.
Memberikan dan melengkapi informasi.
4.
Menambah pengetahuan.
5.
Menyampaikan opini.
6.
Citra diri (Personal Branding).
7.
Citra produk (Product Branding).
8.
Sumber jaringan promosi.
9.
Menaikkan reputasi.
D.
TEKNIK PUBLIKASI PROMOSI EVENT
Berikut ini ada
beberapa promosi event:
1.
Promosi dengan Komunitas
Promosi yang dilakukan untuk mengajar pasar dari
komunitas atau kumpulan orang yang mempunyai ketertarikan di bidang tertentu.
Jika temanya sesuai dengan komunitas yang diajak maka kemungkinan besar akan
mendapatkan dukungan yang baik.
2.
Promosi dari Teman ke Teman
Pertemanan merupakan media yang paling mudah untuk
promosi baik itu teman bermain maupun teman kantor. Pertemanan ini secara
psikologis akan memberikan kepercayaan yang berbeda dan memberikan pengaruh
yaitu kemantapan jiwa untuk ikut bergabung di dalamnya.
3. Publikasi
Cetak
Publikasi cetak ini berupa poster, banner, katalog,
flyer, baliho, dan lain sebagainya. Publikasi cetak ini lebih banyak
mengeluarkan biaya untuk membuatnya. Sedangkan untuk publikasi cetak ini
hendaknya menggunakan bahasa yang marketable
dan persuasif dengan tulisan dan makna yang lain dari pada yang lain sehingga
akan mengalihkan focus dan pandangan pada media cetak yang telah dibuat.
4.
Promosi Online melalui Media Sosial
Cara ini dianggap cara yang paling ekonomis dan mudah
untuk digunakan sebagai media promosi. Media sosial lebih luas jangkauan dan
kecepatannya asalkan ada jaringan internet. Media sosial yang sering digunakan
yaitu website, blog, Instagranm, Facebook, Whatsapp, Line, dan lain sebagainya.
5.
Promosi melalui Media Iklan
Publikasi ini lebih mahal dan berdampak pada komunitas
masyarakat, hal ini karena publikasi yang dilakukan melalui radio, televisi dan
koran. Sehingga berbayar dan sesuai dengan provider yang digunakan.
E.
PUBLIKASI DAN PROMOSI MELALUI MICE.
Berikut ini merupakan
keuntungan dari promosi di acara MICE:
1. Menyampaikan
suatu pesan ke sasaran pasar segmentasi pasar yang dituju.
2. Publikasi
maupun promosi berfungsi sebagai usaha untuk memberikan dan membangun citra
atau image dari suatu produk.
3. Promosi
akan meningkatkan ketertarikan konsumen akan suatu produk yang dipromosikan
dalam pameran.
4. Menjadi
sarana untuk mengomunikasikan strategi jualan yang sedang atau akan dilakukan.
5. Membangun
reputasi perusahaan atau corporate branding.
F.
MANFAAT MENGIKUTI PAMERAN
Berikut ini terdapat
beberapa manfaat yang bisa pelaku usaha dapatkan jika menggelar pameran, yaitu:
1.
Sarana
Pengenalan Produk Baru secara Efektif.
Dengan berpartisipasi pada acara pameran sangat membantu
secara efektif bagi usaha kecil yang baru berkembang. Karena biasanya banvak pengunjung
yang datang ke acara pameran sehingga dalam melakukan promosi akan lebih mudah
dan bisa memperkenalkan produk dengan skala besar tergantung dengan jenis
pameran yang diikuti.
2.
Memperkuat
Company Image
Apabila sebuah organisasi atau perusahaan mengikuti
kegiatan pameran secara rutin maka hal tersebut akan membuat citra perusahaan
semakin dikenal oleh masyarakat. Jadi, bisa disimpulkan bahwa dengan
berpartisipasi di acara pameran bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan secara
komersial namun juga untuk membangun citra perusahaan di mata publik.
3.
Mendapatkan
Info Pesaing Bisnis.
Dengan mengikuti acara pameran juga akan mengetahui
kemajuan para pesaing di bidang yang sama. Hal ini merupakan hal penting untuk
dilakukan agar terus bersaing dan tidak ditinggalkan oleh pelanggan.
4.
Observasi
Tren Pasar
Pada penyelenggaraan pameran pengusaha bisa memperoleh
informasi terkini mengenai tren pasar yang diminati oleh masyarakat luas. Hal
itu dilakukan dengan cara mengamati minat pengunjung saat di pameran sehingga
pengusaha bisa menyusun strategi bisnis di masa yang akan datang sesuai dengan
minat pembelian masyarakat.
5.
Evaluasi
Tim Kerja
Dengan mengikuti pameran pihak perusahaan juga bisa
melihat dan menilai sumber daya manusia yang dimiliki. Terutama pada kemampuan
menawarkan produk, promosi hingga mencapai kesepakatan dengan konsumen untuk
membeli produk yang ditawarkan. Selain melihat kemampuan perorangan, perusahaan
juga dapat mengetahui kerja sama tim selama pameran diselenggarakan.
Rangkuman
Publikasi
yaitu penyampaian atau penyebarluasan suatu infomasi kepada masyarakat umum
yang bertajuan agar infomasi tesebut dapat tersampaikan pada orang yang dituju.
Macam-macam
publikasi yaitu korespondensi, laporan tertulis, dan pertemuan ilmiah.
Peran
promosi dan publikasi pameran dalam MICE yaitu memperkenalkan gagasan atau ide
dari suatu tema, memberikan dan melengkapi informasi, menambah pengetahuan,
menyampaikan opini, citra diri, citra produk, sumber jaringan promosi, dan
menaikkan reputasi.
Teknik
publikasi promosi event antara lain promosi dengan komunitas, promosi dari
teman ke teman, publikasi cetak, promosi online melalui media sosial, dan
promosi melalui media iklan.
Comments
Post a Comment